Rahasia Membuat Perkedel Kentang DIENG Anti Gagal

oleh -10 views
Perkedel Kentang DIENG
Perkedel Kentang DIENG

Sedang mencari inspirasi resep perkedel kentang dieng yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal perkedel kentang dieng yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari perkedel kentang dieng, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan perkedel kentang dieng enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian istimewa.

Lihat juga resep Kentang Baby Caramel Dieng enak lainnya. Resep Perkedel Kentang. bu, aku meh ke dieng tumbasna apa? Eh nek akeh kentang ya gelem beneran deh sampe dieng banyaknya kentang, bahkan mas tour guide nya bilang kalo air di telaga warna lagi ga banyak soalnya baru banget masuk musim penghujan, juga diambil buat nyiramin.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat perkedel kentang dieng sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Perkedel Kentang DIENG memakai 9 bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Perkedel Kentang DIENG:
  1. Siapkan 1/2 kg Kentang
  2. Ambil 2 butir telur
  3. Siapkan 3 Bawang merah
  4. Sediakan 2 Bawang putih
  5. Siapkan Merica
  6. Sediakan Daun seledri
  7. Ambil Daun bawang
  8. Gunakan Garam
  9. Sediakan Penyedap

Kentang (Solanum tuberosum L) adalah tanaman umbi-umbian yang merupakan makanan pokok di Eropa, walaupun pada awalnya di datangkan dari Amerika Selatan. Kuliner Dataran Tinggi Dieng tak hanya terkenal dengan mi ongklok dan nasi kuning bebek goreng-nya. Kawasan Wisata Pegunungan yang terkenal dengan sebutan negeri di atas awan itu juga memiliki hidangan yang pas dengan suasana daerah tersebut yang berhawa sejuk dan dingin. Soto Swiwi adalah kuliner khas Dieng yang terbuat dari kaldu daging.

Baca juga:  Resep PullApart Bread (Sweet&Savoury) yang Menggugah Selera

Cara menyiapkan Perkedel Kentang DIENG:
  1. Kupas kentang, kemudian potong.
  2. Rebus/goreng kentang yang sudah di potong sampai empuk.
  3. Setelah digoreng/direbus kemudian haluskan kentang sampai benar-benar halus.
  4. Untuk bumbunya, haluskan bawang putih dan merica. Untuk bawang goreng di potong potong tipis kemudian di goreng.
  5. Setelah bawang merah sudah digoreng campurkan kentang yang sudang di haluskan dengan bumbunya, tambahkan seledri dan daun bawang yang sudah di rajang kecil kecil. Kemudian tambahkan garam dan penyedap rasa.
  6. Bentuk kentang bulat bulat kemudian pipihkan.
  7. Masukan kentang kedalam telur yang sudah dikocok. Kemudian goreng perkedel menggunakan api sedang hingga warna keemasan.
  8. Lalu sajikan

Kentang dengan tekstur tepung memiliki kandungan pati yang tinggi dengan tingkat kelembaban yang rendah. Kentang ini memiliki rasa yang lembut sehingga bisa dihidangkan dengan cara direbus, dipanggang, dan digoreng. Seperti namanya, kentang ini memiliki kulit yang berwarna merah dengan umbinya yang berwarna kuning. Di Indonesia sendiri, kentang merah ada di dataran tinggi Dieng. Tempat ini cukup terkenal sebagai daerah penghasil kentang merah di Indonesia.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan perkedel kentang dieng yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

 

Sumber Resep : https://www.cookpad.com/id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *