Langkah Mudah untuk Membuat Dimsum Udang, Lezat

oleh -6 views
Dimsum Udang
Dimsum Udang

Anda sedang mencari inspirasi resep dimsum udang yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal dimsum udang yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Selama Study From Home (#sfh), Khalila suka dimasakin macam-macam. Hari ini, dia minta dibuatkan siomay udang sapi. Cara membuat dimsum udang sebenarnya relatif mudah.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari dimsum udang, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan dimsum udang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat dimsum udang yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Dimsum Udang menggunakan 13 bahan dan 8 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Dimsum Udang:
  1. Ambil 2 bks kulit pangsit kecil (boleh buat kulit sendiri)
  2. Gunakan 500 gr udang kupas kulitnya
  3. Ambil 10 sdm tepung sagu/ tapioka
  4. Ambil 2 bh wortel parut sisihkan sedikit utk toping atas (boleh skip)
  5. Siapkan 3 btg seledri potong halus (boleh skip)
  6. Ambil 1 btr telur
  7. Ambil 5 siung bawang putih haluskan
  8. Sediakan 1 sachet ladaku bubuk
  9. Sediakan 1 sachet kaldu jamur (boleh skip/diganti)
  10. Gunakan 1 sachet saori Saus tiram
  11. Siapkan 2 sdm kecap asin (boleh skip)
  12. Ambil 1 sdm minyak wijen (boleh skip)
  13. Ambil garam secukupnya (dikira² aja)

Dimsum ini tidak hanya berisi udang, namun bisa juga menggunakan daging ayam, babi, ikan, maupun tahu. Rasanya sudah pasti enak dan cocok untuk Anda. Cara membuat dimsum hakau: Cincang udang, kemudian campurkan dengan kecap ikan dan minyak wijen. Tambahkan tepung maizena, kemudian bumbui dengan garam dan merica.

Baca juga:  Resep Perkedel Kentang (ala chef), Bisa Manjain Lidah

Cara membuat Dimsum Udang:
  1. Panaskan kukusan terlebih dahulu, cukup menggunakan api kecil sampil menunggu adonan selesai dibuat.
  2. Udang yg sudah dikupas kulitnya dibagi dua, satu bagian di cincang yg satu bagian lagi di blender.
  3. Kemudian campurkan semua bahan dan aduk sampai merata.
  4. Ambil selembar kulit pangsit, beri sedikit olesan air, lalu isi dengan isian udang kemudian beri sedikit parutan wortel diatasnya. Lakukan sampai adonan habis.
  5. Masukkan kedalam kukusan yang sebelumnya telah diolesi minyak goreng agar tidak lengket. Kukus sampai matang ±15-20menit.
  6. NOTE : buat yang susah ngebentuk si dimsum ini aku saranin pake cetakan kue mangkok yg kecil², soalnya aku juga gak bisa klo gak pake cetakan .
  7. Gak perlu sampe mateng di cetakan cukup setengah mateng aja yg penting udah set trus keluarin deh dari cetakan lalu kukus seperti biasa. Ini sih krna aku gak punya banyak cetakan biar cepet selesai, jadi deh dibuat kyk gitu. Hihihi
  8. Untuk adonan 500gr udang ini dengan cetakan kue mangkok aku bisa jadi 49 buah dimsum. Lumayan banyak dan lebih irit dibanding kalo beli diluaran loh. apalah daya jiwa ibu²nya keluar deh klo udah denger kata lebih irit

Cara membuat dimsum udang yang menjadi kudapan khas Hong Kong ini bisa kamu buat sendiri di rumah lho. Dimsum memliki beragam bentuk dan bahan baku. Bisa pakai daging Ayam, Udang, atau Ikan. Resep cara membuat dimsum, bisa memakai daging ayam udang atau ikan. Berbahan dasar udang dan ayam yang dibungkus dengan menggunakan kulit siomay, merupakan ciri khas dari hidangan ini.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Dimsum Udang yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Baca juga:  Resep Donat menul simpel buat amatir sederhana Anti Gagal

 

Sumber Resep : https://www.cookpad.com/id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *